WEEKLY LOG PART 9: Definisi Human Relations

Human Relations Part 9

Ganjar Pranowo (Instagram) 

 Definisi Human Relations  


Human Relations adalah Hubungan atau interaksi antar manusia. atau Interaksi antara seseorang dengan orang lain baik dalam situasi kerja atau dalam organisasi kekaryaan. 
Ada 2 pengertian Hubungan Human Relations: 
1. Human Relations dalam arti luas 
2. Human Relations dalam arti sempit

•> Human Relations dalam arti luas yaitu interaksi antara seseorang dengan orang lain dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan. Jadi hubungannya bisa di lakukan dimana saja. Bisa di rumah, dijalan, didalam kendaraan umum (Bis atau Angkot). 

•> Sedangkan Human Relations dalam arti sempit yaitu interaksi antara seseoramg dengan orang lain. Akan tetapi,interaksi disini hanya dalam situasi kerja dan dalam organisasi kerja (Work Organization). 

Dengan mempelajari Human Relations kita dapat menentukan aktivitas organisasi dalam mencapi tujuannya.  Tujuan dilaksanakan human relations ialah untuk mendapatkan: 
1. Kepuasan psikologi pegawai
2. Moral yang tinggi
3. Disiplin yang tinggi
4. loyalitas yang tinggi
5. Motivasi yang tinggi. 

Manfaat mempelajari Human relations yaitu kita bisa menjadi pribadi yang kuat, tidak sombong, sedehana, mempertimbangkan orang lain tanpa melupakan diri sendiri serta kebutuhan organisasi dan bijaksana. 

Contoh Kasus (Ganjar Pranowo): 
(salah satu contoh post-an Feeds vidio Instragram Ganjar Pranowo

Pada saat lebaran idul fitri 2023, Ganjar Pranowo menggelar program Mudik Gratis untuk para warga perantau Jawa Tengah. Program mudik gratis ini di lakukan Ganjar agar membantu dan memudahkan masyarakatnya yang ingin pulang kampung. 

Program mudik gratis ini tidak hanya menggunakan bus, ada juga transportasi lain seperti kereta dan kapal. 
Banyak warga yang senang  dengan adanya proagram ini karena beberapa dari warga ada yang ingin mudik tetapi tidak mempunyai uang, sehingga program ini sangat membantu untuk mereka. 

Dalam kasus ini, ini adalah salah satu bentuk Human Relations yang di lakukan Ganjar kepada masyarakat Jawa Tengah. Hal ini (program ini) sangat efektif karna sangar membantu perantau yang ada Jawa Tengah. 



 

Komentar

Postingan Populer