WEEKLY LOG PART 8 : Communications Styles & Listening Styles

 Human Relations Part 8 

Gamjar Pranowo (Instagram) 


Materi Tentang: 
Pembahasan Kelompok 4 : Communications Styles & Listening Styles. 

Gaya Komunikasi & Gaya Mendengar dalam Human Relations sangatlah penting. Agar dapat memahami dan membangun hubungan yang baik satu sama lain dengan rekan kerja, organisasi dll. 

Nah kelompok 4 ini menjelaskan ada 4 Strategi Komunikasi Verbal dan Tertulis yaitu : 
  1. Ekspresif 
  2. Pengemudi
  3. Berhubungan/ Penghubung
  4. Analitis
Ekspresif cenderung mempunyai sifat yang bersemangat dan menyukai tantangan. Mereka juga sangat bergantung pada firasat dan perasaan. 

Pengemudi orang yang lebih suka dengan caranya sendiri dan mereka cenderung tegas. Mereka juga mempunyai sudut pandang yang kuat yang mana membuatnya menjadi tidak takut untuk berbagi dengan orang lain dan mereka dalam obrolan yang ringan orangnya To The Point (tidak suka membuang waktu jadi langsung ke intinya saja). 

Berhubungan/ Penghubung Mereka menyukai perhatian positif dan ingin dianggap hangat, Mereka juga ingin orang lain peduli dan memperlakukan mereka dengan baik. Cara baik berkomunikasi dengan orang Berhubungan/ penghubung adalah dengan menciptakan lingkungan komunikasi dimana mereka dapat merasa dekat dengan orang lain. 

Analitis orang dengan gaya komunikasi ini akan lebih banyak bertanya dan berperilaku metodis, mereka juga tidak suka di tekan untuk membuat keputusan dan lebih suka terstruktur. 

Nah selanjutnya mereka juga menjelaskan terdapat Gaya Komunikator. Terdapat 3 gaya komunikator yaitu: 
1. Komunikator Pasif 
2. Komunikator Agresif 
3. Komunikator Asertif 

>Komunikator Pasif adalah dimana seseorang dapat menempatkan hak orang lain atas dirinya sendiri (Acuh tak acuh). 
>Komunikator Agresif adalah Mempertahankan haknya sendiri tetapi mungkin untuk melanggar hak orang lain (keras). 
>Komunikator Asertif adalah Cenderung berkomunikasi secara langsung tetapi tidak menghina atau ofensif (menyerang). 

Selanjutnya ada materi tentang Komunikator Pasif - Agresif yaitu Orang ini cenderung pasif tetapi kemudian agresif dengan mungkin membuat komentar negatif tentang orang lain atau membuat komentar sinis atau licik. Orang ini mungkin mengungkapkan perasaan negatifnya secara tidak langsung, bukannya langsung.


Nah itu diatas beberapa gaya komunikator, jika kita memahaminya dengan baik, kita bisa menilai lawan bicara kita termasuk kedalam gaya komunikator yang
mana sehingga kita tidak salah dalam menghadapinya/ mengambil sikap. 

Materi selanjutnya yaitu tentang Mendengar. Terdapat 3 jenis - jenis mendengar, yaitu: 
1. Mendengarkan secara kompetitif atau agresif
2. Mendengarkan secara pasif
3. Mendengarkan secara aktif

-Mendengarkan secara kompetitif atau agresif yaitu Suatu jenis mendengarkan yang terjadi ketika kita berfokus untuk membagikan sudut pandang kita sendiri daripada mendengarkan orang lain.

- Mendengarkan secara pasif yaitu Suatu jenis mendengarkan di mana kita tertarik untuk mendengarkan orang lain, dan menganggap kita mendengar dan memahami apa yang dikatakan orang itu dengan benar tanpa memverifikasi.

- Mendengarkan secara aktif yaitu di mana kita tertarik pada apa yang dikatakan orang lain dan memeriksa pemahaman kita dengan pembicara.

Selanjutnya ada Komunikasi tertulis contohmya saat kita mengirim surat/ email ada 4C yang harus di perhatikan yaitu: 

-Complete
-Concise
-Correct
-Clear


Complete
yaitu memastikan bahwa semua fakta disertakan dalam email dan membalas email,pastikan semua pertanyaan telah dijawab.

Concise (Ringkas)
Untuk membuat email buatlah seringkas mungkin. Jangan bertele - tele. 

Correct (Benar)
Pastikan untuk memeriksa email,tata bahasa dan ejaan. Email juga harus memiliki salam,isi dan penutup.

Clear (Jelas)
Harus jelas dalam terhadap apa yang kita sampaikan dan harus dapat di pahami penerimanya.

Contoh kasus: 
Menurut saya dari keempat gaya komunikasi,Ganjar Pranowo termasuk ke dalam Gaya Komunikasi Ekspresif. Kenapa? karena sebagai seorang Gubernur tugas seorang Ganjar tidaklah sedikit, namun dia tetap bersemangat turun ke lapangan menanggulangi permasalahan ataupun sekedar hanya bercengkrama dengan masyarakatnya . Dan Gaya kedua yaitu Gaya Komunikasi Pengemudi, Mengapa saya memilih gaya ini? karena orang dengan gaya komunikasi ini cenderung tegas dan orang yang lebih suka dengan caranya sendiri. Ganjar termasuk ke dalam gaya komunikasi ini karena sebagai seorang pemimpin ia harus tegas terhadap bawahannya dan terhadap prinsip yang ia pegang sebagai Gubernur. ia juga mempunya caranya sendiri dalam meghadapi persoalan ataupun sekedar berbincang yang menyangkut masyarakatnya. 

Dan menurut saya Ganjar Pranowo memiliki gaya komunikator yang asertif karena sebagai gubernur ketika ia berkomunikasi dengan masyarakatnya ia harus
dengan lembut, menghargai dan menghormatinya. Yang saya lihat sebagai seorang gubernur Ganjar Pranowo ketika berbicara dengan masyarakat ia sealu menatap (memperhatikan) dan menjawabnya dengan lemah lembut. Tidak hanya dengan masyarakatnya saja, ketika ia di wawancara dengan media televisi ataupun menjawab pertanyaan di acara Mata Najwa cara menjawab Ganjar sangatlah pelan - pelan dan sopan tanpa terlihat emosi atau menghina lawan bicaranya.

Dalam acara mata najwa pun Ganjar sebelum menjawab pertanyaan ia mendengarkan terlebih dahulu Najwa shihab dalam memberikan pertanyaan. Tidak ada memotong pembicaran. 







Komentar

Postingan Populer