WEEKLY LOG PART 7 : Human Relations Yang Di Bangun Oleh Ganjar Pranowo

Ganjar Pranowo 
What Is Human Relations?

Human Relations adalah hubungan dengan orang - orang. Khususnya di tempat kerja ataupun organisasi.

Mengapa kita perlu mengembangkan skills Human Relations? Karena ketika kita di tempat kerja atau tempat umum yang berhubungan dengan umum (banyak orang) ketika kita sudah memahami apa itu human relations maka hal tersebut bisa memudahkan kita mengembangkan kemampuan dan membawa dampak baik (membawa kebahagiaan) terutama di dalam dunia pekerjaan. 

Kenapa kita harus belajar Human Relations? 

1. Organizational Structures 

yaitu mengacu pada cara perusahaan mengatur orang, pekerjaan, dan komunikasi agar berhasil dapat dilakukan.

Nah disini cara kerja tim di lihat apakah sukses atau tidak. jika sukses hal apa yang menyebabkan hal tersebut sukses dan jika tidak sukses faktor apa yang menyebabkan cara kerja tim tersebut menjadi gagal. 

2. Empowering Employees

Ketika sebuah organisasi memberikan kebebasan kepada karyawan dalam membuat keputusan tentang bagaimana mereka pekerjaan selesai.

3Total Person Approach

Mengakui bahwa organisasi tidak hanya mempekerjakan seseorang dengan keterampilan, melainkan, orang seutuhnya. 

Memungkinkan perusahaan untuk lebih memahami kebutuhan orang dalam suatu organisasi.

Nah 3 hal tersebut sangat penting untuk di pelajari dalam karena penting untuk mengembangkan skills Human Relations kita dalam bidang pekerjaan ataupun organisasi. 

Berfokus pada penggunaan teknologi dan analisis statistik mulai tahun 1960-an. Jadi sementara penelitian hari ini berfokus pada aspek hubungan manusia,nah sekarang dapat menggunakan model statistik yang kompleks untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas sambil tetap berfokus pada komponen hubungan manusia. 

Efek Hawthorne (Elton Mayo) 

Eksperimen dilakukan pada pertengahan 1920an hingga awal 1930an untuk menyelidiki bagaimana kondisi fisik pekerjaan mempengaruhi produktifitas pekerja.

Ditemukan bahwa peningkatan produktifitas terjadi karena para pekerja mengetahui bahwa mereka sedang diawasi. Dengan kata lain, para pekerja bekerja lebih keras karena mereka sedang menerima perhatian dan merasa senang karena diperhatikan.


Hubungan Manusia, Teknologi, dan Globalisasi

Dampak besar teknologi dan globalisasi. Ketidakmampuan untuk melihat bahasa tubuh dapat mempersulit komunikasi, tetapi komunikasi virtual sangat membantu untuk dapat bekerja dengan orang-orang tanpa mengenal jarak.

Manfaat Global Workplace Analytics untuk bekerja dari rumah:

1. Peningkatan kepuasan karyawan

2. Mengurangi ketidakhadiran yang tidak terjadwal 3. Peningkatan produktivitas

Kelemahan utama:

1. Kebutuhan sosial mungkin tidak terpenuhi

2. Orang harus mengarahkan diri sendiri

3. Karyawan harus nyaman dengan teknologi atau tidak akan berhasil


 Contoh Kasus :

Yaitu terdapat pada contoh Weekly log part 1. Dimana Ganjar menguasai dan memahami skills Human Relationsnya pada saat turun ke lapangan mengunjungi masyarakatnya. sehingga hal tersebut bisa di bilang Ganjar Pranowo sukses menjalin hubungan dengan masyarakatnya, sampai - sampai masyarakat tidak segan - segan untuk berkeluh kesah ataupun sekedar mengobrol dengan Ganjar.

Tak hanya itu Ganjar juga sangat sigap jika ada masyarakatnya yang berkeluh kesah tentang permasalahn yang ada di sekitar. seperti jalanan rusak yang sesegera mungkin di betulkan.

Selanjutnya pada efek hawthorne yang dikemukakan Oleh Enton Mayo mengenai kondiri fisik kerja yang dapat mempengaruhi produktivitas kerja. Teknologi yang berkembang mengharuskan kita beradabtasi dan mengenal teknologi yang terus berkembang. pada kasus ini Ganjar Pranowo memanfaatkan platform Instagram dalam politiknya dan dalam menyebarkan aktivitas kesehariannya sebagai Gubernur / politikus yang turun ke lapangan ataupun sekedar bertemu dengan politikus lain. Ganjar juga sangat aktif di medsosnya (Instagram) sehingga banyak masyarakat yang mengenal seorang Ganjar Pranowo sebagai Gubernur Jawa Tengah. 









Komentar

Postingan Populer