WEEKLY LOG PART 6: HUMAN RELATIONS SKILLS KETERAMPILAN HR

 Human Relations

PEMBAHASAN KELOMPOK 5
Ganjar Pranowo



Materi tentang: 

Human relations skills Keterampilan Hr 

ada 4 yaitu: 
  1. Komunikasi 
  2. Empati 
  3. Stress Management 
  4. Resolusi Konflik

1. Komunikasi 
Komunikasi adalah suatu keterampilan dasar sebagai manusia. Berkomunikasi adalah makanan sehari  - hari manusia. Nah dalam komunikasi dengan teman,pacar, organisasi, atau orangtua (berinteraksi) itu ada bentuk bentuknya yaitu: 

-Komunikasi tertulis 

-Komunikasi tidak tertulis/ Lisan


komunikasi tertulis ialah komunikasi yang di tuangkan dalam bentuk tulisan. Sedangkan komunikasi tidak tertulis (lisan) di tuangkan dalam bentuk berbicara dengan orang lain melalui mulut. 


Komunikasi juga tentang bagaimana kita mendengarkan orang lain karena komunikasi bukan hanya tentang diri sendiri, tapi tentang bagaimana kita bisa mendengarkan orang lain dan apa yang mereka katakan pada kita.


Contoh kasus :

Komunikasi seorang Ganjar Pranowo tidak perlu di ragukan lagi nih.  Ganjar Pranowo yang saat ini menjabar menjadi Gubernur Jawa Tengah ini yang selalu turun ke lapangan menyapa rakyatnya. Ganjar juga seringkali mengajak masyarakatnya berkomunikasi. Tidak hanya dengan masyarakatnya, ganjar yang sering juga muncul di televisi seringkali juga sangat terstuktur dalam tutur bicaranya ketika ada wawancara ataupun acara di televisi. 


2. Empati 

Empati adalah kemampuan merasakan apa yang orang lain rasakan. atau kemampuan untuk mengerti dan merasakan perasaan orang lain ketika mereka merasa emosional (seperti marah, sedih atau kecewa). 


Contoh Kasus

Empati seorang ganjar sebagai seorang gubernur juga tidak perlu di ragukan lagi ya. Misalnya pada saat ada warga yang laporan tentang kerusakan jalan, Ganjar selalu sigap turun ke lapangan. Dan pada saat banjir di semarang. Disana ganjar menyapa para warga dan mangajak warga untuk berbicara (ngobrol) apa yang ingin di ungkapkan (mengeluh), dan warga pun mengutarakan hal yang terkait banjir di semarang serta titik banjir yang parah.


3Stress Management 

Stress Management adalah kemampuan untuk mengatasi atau mengatur stress dalam kehidupan sehari - hari. 

Stress Management ada 2 bentuk: 

-Stress Management Positif 

-Stress Management Negatif


Contoh kasus: 

Seorang Ganjar Pranowo dalam menghadapi stress managementnya ia biasanya turun kelapangan hanya untuk berbincang dengan masyarakat. Dan Ganjar biasanya juga meluangkan waktu dengan keluarganya untuk merefreshing diri. 


4. Resolusi Konflik 

Dalam praktik Human Relations resolusi konflik pasti ada saja. Seperti misalnya kira berinteraksi dengan orang lain,konflik antara kita dan orang lain tersebut bisa saja terjadi. karena setiap orang mempunya kepribadian yang berbeda - beda. 


Contoh kasus : 

Belum lama ini seorang Ganjar Pranowo ramai si perbincangkan dikarenakan foto ia dengan miyabi tersebar di social media dengan pose berpelukan . 

Mengapa ramai di perbincangkan? karena miyabi adalah seorang pemeran bintang porno. Namun sebenarnya foto tersebut adalah hasil editan semata. Tetapi pandangan masyarakat menilai bahwa hal tersebut sengaja di sebar agar menjadi bahan perbincangan. Masyakarat juga berfikir bahwa mungkin itu salah satu campaign untuk menaikan seorang Ganjar Pranowo yang kemungkinan di tahun depan ingin mencalonkan diri sebagai presiden.

Namun Ganjar sudah melakukan klarifikasi kepada masyarakat, Tetapi kebanyakan masyarakat tetap kekeh berfikir bahwa memang itu strategi Ganjar untuk naik menjadi presiden. 


Apa untungnya adanya Management Konflik? 

Jika konflik tersebut di selesaikan secara baik tanpa adanya kekerasan maka akan tercipta hubungan yang kuat satu sama lain. Namun jika konflik  tersebut di selesaikan dengan buruk / tidak benar makan hal tersebut bisa merusak hubungan. 


Nah itu dia yang saya tangkap dari materi presentasi kelompok 5. 

Komentar

Postingan Populer