WEEKLY LOG PART 4 : Proses Komunikasi Beserta Hambatannya "Seorang Ganjar Pranowo

 Proses komunikasi yaitu cara menyampaikan pesan/informasi dari komunikator kepada komunikan. 

Proses komunikasi terbagi menjadi 2 (dua) tahap, yaitu proses komunikasi secara Primer dan proses komunikasi secara Sekunder.

Proses Komunikasi Secara Primer Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan perasaan seseorang kepada  orang lain dengan menggunakan lambang (simbol) sebagai media. proses komunikasi primer ini  dilakukan secara langsung dengan berhadapan dengan komunikan, dan menggunakan bahasa,  lambang, isyarat, gambar. Namun yang paling sering di gunakan adalah dengan  menggunakan bahasa.

Proses Komunikasi Secara Sekunder adalah komunikasi yang melalui sebuah media perantara, Komunikasi sekunderi ini dilakukan oleh seorang komunikator jika ingin menjangkau komunikan yang  jangkauannya jauh, biasanya menggunakan media sekunder seperti televisi, radio, majalah, koran,  dan lain – lain.

Komunikasi filter atau Communication Filters yaitu dimana kita harus nyaring informasi mana yang baik dan aman yang buruk, mana yang perlu dan yang tidak perlu di informasikan. Dalam menyaring informasi ( komunikasi filter) ada 4 hambatan atau gangguan yaitu: 

  • Semantik (Makna Bahasa) 
  • Psikologi 
  • Fisik 
  • Stereotip.

Contoh dari hambatan Communication Filters, dalam kasus ini contoh saya yaitu Ganjar Pranowo.

Ganjar Pranowo

Ganjar Pronowo adalah seorang pejabat Gubernur Jawa Tengah. Hambatan dari ganjar yang pertama ialah Semantik ( makna bahasa). 

Semantik ialah Aktifitas komunikasi memperhatikan makna Bahasa yang timbul dalam proses komunikasi. Gangguan Semantik yang terjadi ketika komunikator dan komunikan memiliki sistem  makna yang berbeda. Kenapa saya mengkategorikan Ganjar Pranowo kedalam gangguan/ hambatan semantik? karena sebagai seorang gubernur jawa tengah, yang desas - desusnya akan mencalonkan diri sebagai Presiden Republik Indonesia Ganjar tentu mempunyai keterbatasan bahasa. Ganjar Pronowo yang akan mencalonkan sebagai seorang presiden dalam komunikasinya ia belum tentu bisa semua bahasa daerah yang ada di Indonesia. Ganjar yang sering menggunakan bahasa jawa, belum tentu bisa berbicara bahasa sunda.

Hambatan/ Gangguan kedua yaitu Stereotip. 

Stereotip adalah bersumber dari kecenderungan kita untuk melakukan kerja  kognitif sedikit mungkin dalam berpikir mengenai orang lain. Dengan kata lain,  stereotip menyebabkan persepsi selektif tentang orang-orang dan segala sesuatu  disekitar kita. 

Contohnya yaitu sebagai seorang pejabat, Ganjar Pranowo pasti sangat dikenali oleh masyarakat dan juga followersnya yang ada di akun sosial medianya. Sebagai orang yang terkenal pasti ada saja yang menyukai dan juga ada yang tidak menyukai sosok Ganjar dalam media sosial maupun real life. Maka dari itu hal tersebut menjadi suatu hambatan/gangguan dalam komunikasi seorang Ganjar Pranowo.

Komentar

Postingan Populer