WEEKLY LOG PART 3: Komunikasi Nonverbal "Bentuk kepedulian Ganjar Pranowo Kepada Masyarakatnya"

 

Ganjar Pranowo


Komunikasi yaitu proses penyampaian pesan/pikiran/perasaan melalui bentuk - bentuk tertentu. Ada yang menyampaikan komunikasi dengan kata - kata (Komunikasi Verbal) dan ada juga yang menyampaikanpesan atau berkomunikasi dengan orang lain menggunakan perilaku atau sikap (Komunikasi Nonverbal). Disini yang akan kita bahas yaitu komunikasi Nonverbal beserta contohnya.

Sebelum masuk ke topik utama, Apasih Komunikasi Nonverbal itu?

Istilah Komunikasi Nonverbal mulai diperkenalkan oleh seorang psikiater bernama Jurgen Ruesch dan penulis Weldon Kees lewat buku Nonverbal Communication: Notes on the Visual Perception of Human Relations pada tahun 1956. Definisi dari Komunikasi Nonverbal sendiri adalah transfer informasi melalui penggunaan bahasa tubuh termasuk kontak mata, ekspresi wajah, hingga gerakan tubuh. Arti singkatnya Komunikasi Nonverbal adalah sebuah bentuk komunikasi tanpa menggunakan kata - kata. 

Dalam dunia kerja penggunaan komunikasi nonverbal juga tidak kalah pentingnya karena bisa membantu kita mengetahui seperti apa perasaan orang yang kita ajak bicara.


Contoh kasus Komunikasi Nonverbal yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Tengah yaitu Ganjar Pranowo. 

Ganjar Pranowo (Alun - Alun Jember)


Ganjar Pranowo atau yang di sebut Ganjar, gubernur Jawa Tengah tersebut sering sekali turun ke lapangan untuk menyapa masyarakatnya atau melihat bagaimana keadaan masyarakatnya dan lapangan baik atau tidaknya (memantau secara langsung).

Seringkali Ganjar melakukan kontak fisik kepada masyarakatnya pada saat turun kelapangan. Seperti pada saat Ganjar menyapa masyarakatnya di alun - alun Jember. dilihat pada postingan di instagram @ganjar_pranowo terdapat postingan Ganjar menyapa, bersalaman dan senyum kepada masyarakatnya di alun - alun Jember. Hal tersebut ialah salah satu contoh dari Komunikasi Nonverbal yang dilakukan Ganjar. 

Contoh lain pada saat Ganjar Pranowo ziarah ke makam Sunan Gresik. 

Ganjar Pranowo (Makam Sunan Gresik)

Dilihat dari postingan vidio instagram @ganjar_pranowo pada saat Ganjar datang ia di sambut oleh para warga yang ziarah juga di makan Sunan Gresik. Disana terlihat Ganjar menyapa dan tersenyum kepada para warga dan pada saat ia selesai berziarah terdapat banyak anak kecil juga disana, lalu Ganjar mengajak ngobrol anak - anak tersebut dan setelah itu diadakan sesi foto. Terlihat di vidio Ganjar memangku sebuah anak dari warga pada saat berfoto serta menggendongnya. Hal tresebut salah satu bentuk interaksi atau Komunikasi Nonverbal yang dilakukan Ganjar Pranowo oleh salah satu warganya atau masyarakatnya. 


Komentar

Postingan Populer